#Asemtainment

Tau sama yang namanya permen Kurang Asem kan? :)


Nah, permen Kurang Asem punya maskot yang bernama "Asembro". Penampakannya bisa dilihat di bagian kanan atas dari kemasan produk di atas. Ciri yang khas banget dari Asembro adalah kribo merahnya. Sifatnya pun unik. Asembro yang memiliki sifat iseng, fun dan kocak.

Ini penampakan Asembro di iklan TV Kurang Asem


Di setiap aktivitas marketing yang dilakukan oleh permen Kurang Asem selalu menghadirkan Asembro, mulai dari iklan TV, aktivitas below the line dan materi2 promosi lainnya.

Ketika itu muncul beberapa pertanyaan berikut di benak saya:
  • Bagaimana caranya supaya si Asembro ini bisa terus 'eksis' dan lebih dikenal lagi oleh konsumen walaupun iklan TV nya sudah tidak ditayangkan lagi di stasiun2 televisi?
  • Bagaimana agar Asembro bisa menjadi lebih dekat dengan konsumen?
  • Dan bagaimana melakukannya dengan cara yang low budget & high impact?
That's quite a challenge..



Jadi setelah beberapa hari saya mencari ide, akhirnya tercetuslah ide untuk membuat sebuah website.

Tapi website seperti apa nih yang bisa buat orang tertarik untuk mengunjunginya? Karena jujur saya sendiri saja sangat jarang dan males banget buka website sebuah company/brand, kecuali memang ada sesuatu hal yang saya butuhkan atau ingin saya ketahui dari produk atau brand tersebut, dan umumnya produk2 yang memang high-involvement saja. Seperti kita ketahui produk seperti permen termasuk involvementnya cukup rendah. Jadi gimana nih caranya supaya orang mau mengunjungi website sebuah produk permen?

Idenya adalah membuat sebuah website dengan konsep yang "out of the box", dan beda dari website brand atau company lain pada umumnya yang mana isinya lebih ke info produk dan hal-hal yang mungkin kurang menarik dan relevan bagi kita.

So the idea is quite simple, yaitu membuat sebuah website interaktif dimana para pengunjung website bisa berinteraksi dan seru-seruan bareng si Asembro dan terhibur oleh aksinya yang nyeleneh dan lucu :)

This is it!!!! Ini dia hasilnya >>> kurangasem.com


Jadi kalau kita ketik kata (keyword) apapun di kolom yang ada di bawah TV tersebut, si Asembro bakal langsung melakukannya dengan gayanya yang konyol, aneh dan seru :) Seperti ini nih contohnya...



Jadi website ini juga disesuaikan dengan misi dari Kurang Asem yaitu "mengASEMkan masyarakat & memasyarakatkan keASEMan" :)

Dan ternyata, respon dari para pengunjung website sangat positif dan mereka terhibur sekali dengan aksi konyol si Asembro :) Tidak sedikit dari mereka yang membagikan info tentang kurangasem.com ke social circle mereka, because they liked it and want their friends to have fun with it too. Oleh karena hal ini, walaupun tidak dipromosikan dengan gencar sekalipun, traffic ke kurangasem.com terus meningkat.


Selain interaktif dengan Asembro di Asemtainment, pengunjung situs juga disajikan konten2 seru lainnya di menu LOL (Laugh Out Loud). Isi LOL adalah kumpulan hal-hal yang diposting di Twitter dan Facebook nya Kurang Asem, yaitu hal2 lucu dan kocak mulai dari tebak-tebakan, pantun, foto dan video.

Berikut ini juga ada review dan pendapat dari CreasionBrand tentang website kurangasem.com: http://creasionbrand.blogspot.com/2012/06/kurang-asem.html#more

Basically on this website, I just wanna focus on these 3 things...  3E: EXPERIENCE, ENTERTAINMENT & ENGAGEMENT. Focus more on "what's in it for them" and not on "what's in it for us (the brand)".

Oya btw, yang jadi si Asembro di website kurangasem.com itu juga sering nongol di TV loh.. Orangnya jago nge-dance dan nge-rap. Ada yang bisa tebak siapa? hehehe :)


Leave a Reply