Social Listening is Important - A Case Study of MintZ Candy

Social listening is important. Banyak insights yang bisa kita dapatkan dari melakukan social listening.

Pada postingan kali ini saya mau share mengenai "Iklan MintZ Versi Gue Video Contest", dimana ide untuk aktivitas tersebut saya dapatkan dari social listening.

Sekitar bulan April 2011, iklan MintZ yang versi "gigit pensil" mulai gencar ditayangin lagi di TV. Yang ini loh iklannya :)



Iklannya rada unik, aneh, bahkan annoying :) Tapi karena kata2nya sangat 'catchy', it creates WOM, not just offline, tapi juga di ranah online.


Dari sini saya mendapat insight bahwa dampak dari iklan cukup kuat sehingga banyak orang yang membicarakannya. So I thought to myself, why don't we amplify it and take it to a new level of engagement. Yes people are already talking about it, so why don't we let them talk about and share their own version of MintZ commercial! That would be fun! :) The commercial itself is very simple and looks like the work of an amateur. So it won't be hard for anyone to create their own version of it.

Jadi kita mengadakan sebuah aktivitas yang bernama "Iklan MintZ Versi Gue Video Contest", yang berlangsung dari Mei s/d Juni 2011. Hasilnya cukup mengesankan, karena jumlah video yang diterima melebihi target yang diharapkan. We received hundreds of videos, dan banyak sekali video-video yang unik, lucu, dan kreatif.

Here are some of the videos!















Kalau mau lihat video-video lainnya tinggal search aja keyword "daripada gigit" di Youtube :)

Jadi, apa sih manfaat dari melakukan aktivitas seperti ini? Well, here's one the most important one :)

Jadi dari melakukan Social Listening, salah satu hal terpenting untuk kita lakukan adalah bagaimana menjadikan Insights into Action.

Some of the key lessons that we can learn from this are as follow:
  • Social listening is important.
  • Turn Insights into Actions.
  • Don't just promote your products/services to the people, but promote it WITH THE PEOPLE!
  • People want to be part of the action, not just watch it.
  • The audience moves to the centre of the marketing experience.
  • Make the audience the hero, create content around them, not just for them.

Semoga bermanfaat. Thanks for reading! :)

Leave a Reply